6th Day in Australia - Canberra!

Saturday, October 24, 2015

Rute 'jalan pagi sehat' menyusuri Canberra ^^
Dari City Hill ke Capital Hill
Seperti rencana tadi malam, saya check out tepat jam 7.00 pm dan langsung jalan menuju Capital Hill. Saya tau sih perkiraan jalan paling lama cuma 1 jam, tapi saya pengin jalan santai dan bakal banyak mampir-mampir. Jam 8.00 di Parliament House, jam 9.30 ke Canberra Mosque mau sholat dan istirahat agak lamaan, baru jam 11.00 ke KBRI karena yang namanya festival pasti rame banget.

Huuufff...... saya menarik napas panjang, perjalanan ini akan panjang dan menyenangkan. Udara pagi yang masih dingin ini membuat saya tetap memakai jaket, meskipun saya yakin siang nanti cuaca akan berubah drastis. Sebenernya ada bus no 900, tapi waktu saya check kok cuma sampai bus stop depan Albert Hall dan setengahnya lagi saya masih harus jalan, halah nanggung. Akhirnya saya memutuskan buat jalan aja.
jalan pintas buat pedestrian dari London Circuit
Daebak! Sepagi ini pun banyak banget yang udah jogging, dan sepanjang Lake Burley Griffin penuh orang olahraga. Atau, ah ya saya melupakan sesuatu. Hari ini kan tanggal 10 Oktober 2015, 2 hari terakhir Floriade tahun ini dibuka untuk umum, mungkin mereka mau ke Floriade *gumamku dalam hati*
Pedestrian di Regatta point, dekat Commonwealth Park dimana Floriade diselenggarakan
Saya suka jalan pagi, saat udara masih segar dan jalanan masih lengang. Berasa lega sekali. Sambil menikmati pemandangan dan sambil buka GPS kalau-kalau 'nyasar' atau berbelok ke arah jalan yang semakin menjauh dari tujuan utama. Berjalan sendiri membuat saya berani. Berani jalan sendiri, berani nyasar, berani bertanya, dan berani menentukan keputusan. Kalau tiba-tiba saya bingung, saya akan berhenti duduk sebentar di trotoar atau halte bus untuk sekedar minum air putih dan menenangkan pikiran.

Memang ada bedanya cuaca di Indonesia dan Canberra, meskipun pagi hari udaranya sejuk tapi kelembapannya rendah. Jadi badan kuat, capek nggak berasa, tapi kalau dipaksa napasnya makin sesak. Jadi tiap capek sedikit saya istirahat, dan memang harusnya bawa minum yang banyak. 
Pedestrian menuju Albert Hall
Nah, sampai di depan Albert Hall saya udah nggak kuat. Atau mungkin efek bawaan saya yang riweuh dan tas punggung yang berat. Eh bukan itu, tapi kaki saya yang udah lecet duluan karena kemaren udah pemanasan muter-muter Lake Burley Griffin berasa jadi dikit-dikit harus istirahat. 

Tapi yang jauh bikin saya tetep semangat terus jalan adalah, rugi jauh-jauh ke Australia nggak maksimalkan waktu buat ngunjungi tempat-tempat bagus atau iconic. Sejauh ini pemandangan di Canberra bagus-bagus dan ramah lingkungan, jadi semangat buat mengunjungi lebih banyak tempat semaksimal yang saya mampu.
 
Rehat sebentar di bus stop depan Albert Hall
Setelah mulai seger lagi, saya lanjut jalan. Keisengan saya makin menjadi-jadi, ngefotoin gulma yang kira-kira unik, pedestrian, daun-daun kering, dll. Gak papalah iseng, daripada nyampe Indonesia nyesel gak ngambil gambar. 


Parliament House
 
Nah, selain pake GPS saya juga banyak ngikutin feeling. Kalo dari GPS harusnya saya lurus aja ikutin jalan raya, tapi waktu nemu rute pedestrian ke Parliament House feeling saya bilang ikutin aja pedestrian ini, kalo nyasar toh ada GPS ini. 

Pedestrian street menuju Parliament House
Akhirnya saya ikutin rute khusus pedestrian ini, dan jalannya bener-bener sepi. Mungkin saya adalah orang pertama yang lewat jalan ini sepagi ini. Seperti kebun yang dibuat jalan setapak. Saya ikutin terus jalan, sampai ketemu jalan raya besar dimana sebelah kanan adalah Parliament House dan yang kiri Old Parliament House. 

Old Parliament House
Wow, keren yaa.. 

Nggak cuma keren bangunannya, tapi keren manajemennya. Meskipun udah nggak kepake lagi, tapi Old Parliament House tetep dijaga. Dengan posisi yang berhadapan pun memungkinkan orang tetep inget dengan Old Parliament House ketika mengunjungi Parliament House (new).

Parliament House (New)
Diantara dua Parliament House inilah saya akhirnya duduk aja di rumput (biasa kalau di luar negeri mah) naroh semua barang bawaan dan mulai menjalankan misi titipan foto dari temen-temen. Jadi kebiasaan di Indonesia, kalau ada kawan keluar negeri selalu dititipin foto beserta ucapan sukses dan fotonya diambil di tempat iconic negara tersebut. Berat kan? hhaha, enggak juga. Sebagai ganti oleh-oleh yang sejak awal saya bilang saya gak baka beli oleh-oleh, jadi saya perjuangin-lah ini. 

Setelah selesai tugas negara, lanjut selfie. Resiko ngetrip sendiri ya begini, kalau siang sih enak banyak orang lalu lalang yang bisa diminta tolong fotoin, lah kalo pagi ya begini, wkwk. Tapi inget target, jam 2 saya harus udah berangkat ke Sydney. Jadi semuanya harus udah dikunjungi sebelum jam 2 siang. 

Over all saya enjoy. Nggak perlu malu-malu, toh nggak ada yang kenal. Yang penting lagi, kalau malu ya nggak punya foto, udah itu aja. 

Terus saya istirahat sebentar, sambil minum air putih. Ngelihat langit yang birunya cerah banget, woahh pengin rasanya berbaring di lapangan yang rumputnya hijau-hijau ini. Rasanya pengin disini lama, sampai siang kalau bisa dan ikutan tour ke dalam Parliament House.


Muterin State Circuit

Ini mah gara-gara saya salah lihat peta, harusnya saya balik arah buat ke International Embassy biar lebih deket. Tapi saya malah jalan lurus. Memang gak salah sih, tapi muternya jauh banget. Tapii, yasudahlah ikutin sakja. Seperti tadi, jalan aja semampunya dan kalau capek istirahat. Toh feeling gak pernah bohong, pasti ada sesuatu yang bakal ditemui nantinya.

Sepanjang jalan, cuma saya seorang yang jalan kaki sepanjang State Circuit. Tapi lah biarin aja, gak ada yang kenal ini wkwkwk. Sepanjang ada pedestrian, itu aman. Tapi makin rame jalan, makin banyak simpangan, makin hati-hati nyeberangnya. Sempat sekali kelelahan dan berhenti di bus stop.

Saya hafalin, pokoknya kalau udah lewat Perth Avenue langsung belok kiri. Setelah itu, KBRI ada di kanan jalan. Lurus aja sampe nemu persimpangan jalan, terus ke kiri dikit, nanti ada masjid. Dan.. WOW!! Di persimpangan Perth Avenue ke Darwin Avenue banyak sekali mobil diparkir, dan saya denger suara mikrofon pake bahasa Indonesia. Ya, itu KBRI.


Kanguru

Di tengah kelelahan saya, saat saya mau menyeberang jalan menuju Canberra Mosque, di Stirling Park tepat di persimpangan Perth Avenue dan Empire Circuit (depan Embassy of Mexico), tiba-tiba saya lihat 3 kanguru melompat-lompat. Whoaa... Kanguru! Refleks pengin ambil gambar, tapi belum sempat kamera keluar dari saku, si Kanguru udah lmenghilang.

Bener kata Daniel kemaren, kalo beruntung kita bisa lihat di taman kota :)) *merasa beruntung*. Saking beruntungnya sampai nggak sempat ngambil gambar atau merekam video. Tapi pokoknya udah lihat Kanguru di Australia :)


Canberra Mosque

Lokasinya di Empire Circuit Yarralumla, dari Perth Avenue belok kiri nggak sampai 10 meter saya sudah melihat kubahnya. Walaupun nggak seperti masjid-masjid di Indonesia, saya tetep bisa mengenalinya kalau itu sebuah masjid. Pertama, GPS saya mengatakan kalau ini lokasi masjid. Kedua, lagi-lagi feeling.

Setelah mengambil gambar masjid dari luar, saya langsung masuk ke dalam. Feeling saya pasti ada orang, karena ada 2 mobil parkir di depan halaman masjid. Seketika saya masuk, saya bengong, ternyata masih halaman, jadi gak mungkin dipakai istirahat. Saya taruh tas di kursi yang tersedia, kalaupun nggak bisa masuk ke dalam masjid seenggaknya saya bisa istirahat di luar. 

Canberra Mosque
Ternyata saya salah. Beberapa saat kemudian seorang ikhwan keluar dan bertanya pada saya dalam bahasa Inggris yang intinya apakah saya mau istirahat? Kalau iya sebaiknya di dalam saja, sebab disini banyak orang berlalu lalang. Di dalam saya bisa lebih nyaman, bisa sholat ataupun istirahat sambil menyalakan AC *ini udah dingin kok masih ditawarin nyalain AC*. Then, tiba-tiba dia bertanya "You will go to Indonesian Embassy?" dan saya jawab "Yes". "So, you are Indonesian" katanya. "Yes" saya jawab lagi. "Saya juga orang Indonesia mbak" katanya sambil senyum. "Oh" kata saya. Muka saya pucat kecapekan banget waktu itu, sampe nggak bisa ngenalin si mas ini yang jelas-jelas pronounciation-nya Indonesia banget. 

"Mau istirahat di sini apa di sana?" tanyanya. "Di sini aja" jawab saya. Bener-bener kalau udah kecapekan gak bisa basa-basi lagi. Lalu saya diantar ke tempat wanita, ada tempat wudlu, bisa sholat dan ada AC. Karena saya lihat ada kode di pintu, lalu saya tanya apa pintunya ada kode-nya? Kata mas-nya iya kalau dari luar, kalau dari dalam nggak ada. Saya tutupkan pintunya. "Remote AC-nya di atas ya mbak" masnya teriak sebelum saya naik tangga. Gak sempat nanya namanya siapa, dari mana ataupun sekolah dimana. Bener-bener akut saya -_- 
Muara dari kegilaan ini: Canberra Mosque
Setelah meletakkan tas, saya langsung menyalakan AC dan kemudian meluruskan kaki. Alhamdulillah. Sambil istirahat, saya baca buku 'student traveler'-nya kak Annisa Hasanah. Saking serunya, saya nggak ma berhenti. Saat traveling dan baca buku traveling, jadi nambah semangat.

Kaki saya yang lecet mulai agak baikan, lalu saya sempatkan charging HP pake universal adaptor yang selalu saya bawa kemana-mana. Perjalanan saya masih lama dan saya butuh GPS minimal sampe saya sampai Sydney Central malam ini. Lalu saya turun ambil wudhu, seneng rasanya lihat toilet basah lagi, hhaha (Biasa hidup dengan toilet basah, tetiba dihadapkan toilet kering rasanya bikin stress).
 
Saya sholat dhuha 2 rakaat, lalu banyak merenung dengan pertanyaan-pertanyaan dalam benak saya. Seberapa jauh perjalanan saya hingga berujung di tempat ini sekarang. Terimakasih ya Alloh atas segala yang Engkau berikan, kesempatan untuk bisa menginjakkan kaki di Australia dan merasakan bisa sholat di masjid setelah hampir 1 minggu tak mendengar adzan.

Canberra Mosque adalah tempat yang pertama kali masuk dalam ittinerary saya sejak memutuskan ikut simposium. Kenapa? Sejauh-jauh kita pergi, bukankah pada akhirnya yang kita nantikan adalah ketika berkumpul dengan teman se-agama atau se-bangsa?  Saya punya impian untuk dapat mengunjungi masjid di setiap negara yang saya kunjungi dan alhamdulillah Canberra Mosque adalah masjid yang pertama kali saya kunjungi selama di luar negeri. Selain untuk beribadah dan berkumpul dengan sesama muslim, saya ingin tau sejarah pembangunan tiap-tiap masjid yang pasti berbeda-beda di setiap negara. Dengan begitu saya bisa tau kehidupan muslim di setiap negara. Semoga saja saya mendapat kesempatan keluar negeri lagi kedepannya, aamiin.

Oh ya, karena penasaran saya sempat googling tentang sejarah Canberra Mosque:

The idea of establishing a mosque in Canberra was initiated in the late 1950s by the then Indonesian Ambassador to Australia, Dr A Y Helmi, who discussed the potential project with Sir Gordon Freeth, the then Australian Federal Minister for the Interior and Minister for Works. Dr Helmi also sought support for the idea and financial contribution towards the project from three Muslim governments which had representations in Canberra.

Canberra Mosque, designed in Melbourne, was built in 1960 for £18,000 provided jointly by the three governments through their diplomatic missions in Canberra – the Embassy of the Republic of Indonesia, the High Commission of Malaya (before the formation of Malaysia) and the High Commission of Pakistan – on a block of land located at Block I, Section 22, Yarralumla, ACT. The land was a perpetual grant by the Commonwealth Government at one shilling per annum rental. These three Missions, later became the founding members of the Canberra Mosque Incorporated (CMI).


Melihat sudah jam 10.50 saya bergegas mengemasi barang dan turun menuju ruangan tadi. Ternyata ruangan sudah nggak seramai tadi, dan mas tadi udah nggak ada. Jadi mau gak mau saya harus menyapa orang yang di dalam dengan bahasa Inggris.

"Assalamu'alaikum" sapaku memulai pembicaraan. Bapak yang di dalam menjawab salam saya dan keluar "Wa'alaikumsalam". Lalu saya bilang "I just wanna say thank you for can take a rest in the mosque" tapi sepertinya bapak ini salah nangkap dan malah bertanya "do you want to take a rest in the mosque? but..." saya kurang inget, tapi intinya dia nggak tau kode pintu yang di dalam. Lalu saya bilang "Oh, no thank you. Now I'll go to Indonesian Embassy" dan bapak itu menjawab "Oh yes, today is open house. So just take your time there!" dan saya lalu keluar dari masjid sambil sekali lagi menucapkan salam.


Embassy of Indonesia (KBRI): Festival Indonesia 2015

Saya kaget ngelihat deretan parkiran mobil makin tambah banyak. Wah, daebak bener ini! Nggak sampai 5 menit jalan kaki saya sudah sampai di depan KBRI, di Darwin Avenue. Nah pas mau nyeberang jalan, tiba-tiba ada orang muka korea berhenti dan turun dari mobil pas di depan saya. Saya melempar senyum ke dia dan akhirnya kita sama-sama menyeberang jalan ke KBRI. 

Pas masuk stand-stand pertama kali, saya lihat laki-laki yang pake baju batik dan feeling saya mengatakan kalau saya familiar dengan orang ini. Tapi loh apa-apaan saya aja gak tau siapa dia kok bisa merasa familiar, kan aneh. Saya tetep jalan ke dalam dan seperti yang dibilang kak Ravi saya cari stall no 14. Nahh.. ternyata di stall gak ada tulisan nomornya, bingung-lah saya padahal saya udah muter sampe depan panggung utama. Pasti ada cara buat nemuin-nya! 

Saya balik ke depan dan di pintu registasi saya tanya mbak yang pake baju batik "Mbak, boleh tau stall-nya PPIA University of Canberra itu yang mana ya?" dan sama mbak-nya malah ditunjukin "itu nomor 2 yang ada di pojokan" dan ternyata ada tulisannya bro, gedhe banget PPIA UC.. *haduhh saya iniii*. 

Setelah bilang makasih, saya langsung ke stall itu dan ditawarin sama mas-nya mau beli apa. Bukannya jawab, saya malah balik nanya. "Mas yang jaga stall ini?" trus masnya bilang iya. "Kak Ravi-nya ada?" tanyaku. "Wah, dia muter terus. Tadi sih ada di sini, sekarang nggak tau kemana" jawabnya. Waahh, apa yang tadi pake batik ya? Soalnya tadi lihat sepintas di sini tapi sekarang nggak ada. Dan mas-nya langsung nanya "Mbak namanya siapa?". "Saya Arinal, udah janjian sih kemaren. Tapi saya nggak ada nomor Australia jadi gak bisa ngontak langsung. Lama ya mas?" trus malah saya di kasih tau kalau jam 12 nanti kak Ravi ada penampilan dulu. "Saya tunggu aja deh mas, soalnya saya juga nggak tau orangnya yang mana" kataku. Jawaban yang aneh, mau ketemu tapi nggak tau orangnya yang mana. Trus saya ditawarin roti, tapi begitu ngelihat teh kotak saya lebih tertarik beli teh kotak akibat dehidrasi seharian dan gak nemuin isi ulang air di jalan. 

Ketika saya bertemu orang baru, entah lebih tua atau lebih muda dari saya, saya prefer manggil 'kak' sebagai bentuk penghormatan saya. 

Setelah saya bayar, bukannya nunggu tapi saya malah jalan. Feeling saya bilang kalau saya lebih baik jalan ke panggung utama, kalau sampai jam 12 gak ketemu nanti saya bisa titip ke temen-temennya di stall tadi karena saya harus ngejar bus jam 2. Emang tujuan utama saya ketemu kak Ravi dulu karena udah janji, baru setelah itu saya bisa jalan-jalan bebas sesuka hati di KBRI. Gak seru kan jauh-jauh ke Canberra kalau gak ketemu sekalian, pun kalau balik ke Indonesia belum tentu bisa ketemu juga. 

Eh saya lihat mas yang tadi pakai baju batik, ah sepertinya ini kok kak Ravi. Kalo salah yaudah, tapi daripada nggak berusaha, padahal udah jelas saya gak pegang alat komunikasi yang bisa dihubungi. Saya langsung jalan ke arah kak Ravi, tapi dia jalannya juga cepet banget. Akhirnya saya panggil "Kak Ravi.. kak Ravi..." barulah dia berhenti dan noleh ke saya. Biar nggak keburu bingung, saya langsung kenalin diri "Saya Arinal kak..". "Kok bisa tau saya?" duh udah saya duga bakal ditanya ini dan gak tau harus jawab apa, masak iya feeling, padahal emang iya ngerasa familiar. Dan akhirnya saya jawab "dari facebook" padahal sempat buka-buka pun enggak.

Kadang buat bertemu orang yang belum kita kenal itu cuma modal berani nyapa duluan aja. Kalau nggak berani, ya sampai kapan kita nggak bakal bisa ketemu orang itu. Ibaratnya moment yang langka, iya atau enggak sama sekali.

Anw, tiap kali saya kenalin diri 'Arinal' pada akhirnya orang lebih suka manggil saya 'Izza' 

Denah Festival Indonesia 2015 di KBRI Canberra
Saya langsung masuk ke KBRI muter-muter ke stall-stall yang lain karena sedari tadi belum sempat merhatiin satu-satu. Tapi diakhir saya lebih tertarik masuk ke Rumah Budaya. Meskipun saya orang Indonesia, saking banyaknya budaya, melihat koleksi lengkapnya tetep membuat saya senang. Ibarat saya orang Jawa, lihat culture batak, sumatera, dll itu juga jarang. 

Becak: yang jadi spot foto favorit para turis (eh turisnya siapa ya? hhaha)
Bangunan KBRI juga menarik menurut saya, patung-patung yang ada di pagar itu ternyata berbeda-beda dan tertulis namanya di tiap patung. Menggambarkan 'wah' banget budaya Indonesia ni, banyak banget! Disamping banyak objek atau moda transportasi tradisional yang dipajang di sini. Becak ini terlihat unik di mata mereka, sampai banyak yang berfoto di becak ini. 


Balai Wisata Budaya, KBRI Canberra
Saya lanjutkan masuk ke Balai Wisata Budaya dimana saya disapa mbak-mbak di depan pintu. Karena lihat saya orang Indonesia, mbaknya tersenyum. Saya masuk ke dalam dan ternyata ada yang biasanya buat jualan wedang ronde itu, hhehe. Waktu saya kecil masih sering lihat, kalau sekarang paling bisa dihitung dengan jari. Saya  lihat sedari tadi ibu-ibu di depan saya interest banget foto-foto, dan saya menawarkan diri untuk mengambil gambar. "Do you want me to take your picture?" kata saya. "Is it okay?" katanya. "Yes, off course!" jawab saya sambil mengambil kamera dari tangannya. Setelahnya, gantianlah dia tawarin buat ngambil gambar saya, hihii.. 
Narsis setelah menawarkan ngambil foto seorang Chinese yg interest banget sama budaya Indonesia
Seseorang bilang ke saya, kalau cara berinteraksi paling mudah dengan orang asing adalah menawarkan mengambil foto atau minta tolong difoto.

Lihat gamelan, tangan langsung gatel pengin main
Didalam wisata budaya banyak banget benda-benda khas budaya Indonesia, dari wayang, gamelan, dst. Rasanya, ini seperti di Indonesia. Hmm ya iyalah, ini kan Kedutaan Besar Republik Indonesia, rumahnya orang Indonesia di luar negeri.
Festival Indonesia 2015, KBRI Canberra
Setelah itu saya ke Festival Indonesia, ke panggung utama. Wah, dangdut. Biasanya saya biasa aja kalau denger dangdut di Indonesia, tapi di sini kok jadi sesuatu yah.. Dari yang musik-musiknya gak saya kenal tiba-tiba denger musik familiar, tiba-tiba langsung ikutan nyanyi. Nggak cuma dangdut, tapi musik-musik modern Indonesia juga.

Makin siang makin panas dan akhirnya saya buka jaket saya, panasnya nyengat euy! Meskipun kalau dari temperatur, Indonesia masih lebih panas (biasanya sampe 32 pun nggak masalah), tapi 26 C buat saya udah panas di Canberra, karena mataharinya langsung nyengat ke kulit.

Karena capek berdiri, saya nyari tempat yang bisa buat duduk, dan ternyata nggak ada. Tapi ada satu tempat di kedutaan yang dari tadi saya penasaran, picnic area tu seperti apa ya? Saya berjalan ke belakang deh. Dan ternyata ada hamparan rumput yang udah disediakan tempat duduk ataupu tikar buat duduk-duduk. Iya, pas banget buat picnic keluarga. Tapi sendiri juga tetep seru kok, hhehe. Saya foto-foto kegiatan mereka yang asik ngobrol-ngobrol di sini. 

Lalu ada pihak KBRI yang survey, dan saya yang pertama kali di tanya, lagi-lagi karena saya Indonesia. Terkait kelayakan tempat ini buat istirahat, dan saya bilang nyaman kok pak, tapi nggak ada peneduh aja makanya mereka milih berkumpul di bawah pohon, jawabku. Iya emang bener logikanya, panasnya nyengat lhoo.. Lalu bapak itu gantian survey ke mereka para turis. (Sebenernya yang turis itu siapa sih za? Hahaha).

Di panggung utama masih ada banyak penampilan, yang saya inget sih lagunya we are the world-nya Michael Jackson ikut dinyanyikan. Lalu ada tari saman dari PPIA UC yang sempat saya lihat sebelum pergi, dan ada penampilan tari kecak juga.

Taxi! Mengejar Murray Bus jam 2.00 am

Saya ke Jolimont Center naik taksi, thanks to kak Ravi yang udah manggilin taksi ke kedutaan. Bener-bener kaki lecet parah dan gak sanggup diajak kompromi lagi, saking excited-nya jalan-jalan. Capek sih enggak, tapi lecet-nya menghambat gerakan kaki.

Tapi yang penting lagi, bus saya jam 2.00 am atau saya harus beli tiket lagi buat keberangkatan selanjutnya. Untung banget jalanan lancar, dan yang paling lama cuma di deket Floriade karena rame banget, selanjutnya lancar-lancar aja, jadi perjalanan cuma 5 menit dan sampai Jolimont Center saya langsung lari-lari ke Bay dimana Murray mau berangkat. "Is this the bus for 2 am?" teriakku ke driver yang masih nunggu di depan. "Yes, what is your first name?" saya masih ngos-ngosan dan bukannya bilang nama ssaya malah nyari-nyari tiket di tas. "Sorry, whats is your first name?" dia tanya lagi. "Arinal" jawabku. "Okay!" dan saya langsung naik ke dalam bus, lupa naruh barang di bagasi bawah dan akhirnya saya duduk unyek-unyekan dengan tas saya sendiri. Waduh! Dannn ini kali pertama saya berangkat mepet di negeri orang, biasanya selalu lebih awal 30-60 menit sebelumnya.

Sepanjang perjalan, saya sempat melihat kincir angin yang perkiraan saya ini sudah di NSW, bukan Canberra lagi. Wah, negeri ini!! Sepanjang jalan juga kanan-kirinya padang rumput yang banyak ternak-nya.

Karena sebelah saya asyik dengan gadgetnya, sementara saya gak terkoneksi dengan internet sama sekali, akhirnya saya memilih tidur.


Sydney Central

Perjalanan dari Jolimont Centre ke  Sydney Central kurang lebih menempuh 3.5 jam. Sampai Sydney central jam 5.30 (dan itu kayak setengah 4an kalau di Indonesia), ternyata memang benar klau Sydney Central YHA itu tinggal nyeberang jalan aja dari pemberhentian bus. Dan sini memang Sydney Central Train dan Bus Station, dan saya langsung merasakan atmosfer yang sangat mencolok antara Canberra dan Sydney. Sydney mirip Melbourne, dan Canberra bener-bener sepi.

Saya langsung check in, ke kamar naruh barang dan turun lagi ke lantai 1 buat ngenet pakai fasilitas Wifi gratis. Sayang kalau bayar 5$ buat bayar Wifi premium yang saya nikmatin gak sampai 12 jam pun. Saya kasih kabar ke kak Ravi kalau sudah sampai Sydney, dan kirim foto ke teman-teman di Indonesia. Terutama lagi ngontak mereka yang besok berkepentingan sama saya. Saya bakal landing jam 21.30 dan kalau naik Damri bakal sampai Bogor tengah malam, jadi kudu ada yang jemput ke BS karena angkot jam segitu pun rasanya nggak aman.

Sydney Centra YHA ini lebih besar dibandingin Canberra. Ada 8 lantai kalo gak salah, dan saya dapet lantai 7. Jadi bolak balik kudu naik lift (kalo di Canberra kemarin saya manual aja pake tangga) dan ngantri. Lantai 1 untuk dapur dan ruang bersama, ada bioskopnya juga. Dapurnya besar, jadi pasti leluasa banget. Sambil makan, saya suka sambil ngenet di sini (eh kebalik ya, makan-nya sambil ngenet). Cuma sayangnya karena banyak orang, jadi kamar mandinya agak gak sebersih yang di Canberra kemaren. O iya, saya sempat lihat postcard harganya 5$ dapet 10, besok beli-lah sebelum pulang.. kemaren di Floriade masak 1 biji 1$. 

Pas di kamar dan buka jendela, whoaa Sydney Central Station kalau malem keren banget!!

You Might Also Like

0 comments